Saturday, April 20, 2013

ROLEPLAYER

Annyeonghaseyo~~
Chingudeul, ada yang tau dari judul diatas??
ROLEPLAYER.
Apasih Roleplayer itu? Untuk kedepannya saya akan sebut Roleplayer sebagai RP aja ya biar singkat.
Oke well, bagi sebagian Kpopers mungkin udah nggak asing sama yang namanya RP. Bahkan tiap hari pasti main RP. Tapi kalian semua tau nggak arti dari ROLEPLAY yang SEBENARNYA??

Roleplay berasal dari bahasa inggris dan terdiri dari dua kata, yaitu Role dan Play. Dalam kamus, Role berarti 'Peran' atau 'Panutan' dan Play berarti 'Permainan' atau bisa juga 'Bermain'. Jadi Roleplay bisa berarti Bermain Peran atau Memainkan Peran.

Peran siapa yang dimainkan? Jelas bukan peran Pak RT atau Pak Lurah setempat. Peran yang dimainkan adalah peran dari Idol kalian masing-masing.

Tapi lambat laun, semakin hari semakin kesini. Peran Roleplay banyak disalah artikan dan kerap TERBALIK dengan arti dari PARODY.

Memang sih, Parody dan RP itu sedikit agak mirip. Tapi dari nama aja udah beda, ya pasti cara mainnya beda juga! Meskipun  RP dan Parody ini sama-sama dimainkan di situs-situs jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook, tp cara memainkan peran dalam RP dan Parody SANGATLAH BERBEDA!!!!

Dalam dunia RP, sang admin (orang yang memainkan akun RP/parody-nya) haruslah bersikap SEMIRIP MUNGKIN dengan sang Idol. Misalnya, dia memerankan Idol LEE HYUK JAE. Sang admin harus tahu dan paham bagaimana sifat seorang LEE HYUK JAE. Misalnya, dia harus sering bercanda dan ngeledek teman-temannya, serta nggak gampang tersinggung.

Para admin RP harus berusaha sebaik mungkin supaya nggak OOC (Out Of Character). Seperti misalnya, kalian jadi RP dari KIM HYUN JOONG, tapi kalian malah sombong, judes, dan nge-sok(?).
Penyakit admin RP jaman sekarang adalah 'GALAU', 'NGEBET KOPELAN' serta 'KEBELET EKSIS'. Sejujurnya, gue paling nggak suka. Dan gue anti banget sama tiga kata-kata itu. Yah segalau-galaunya gue nggak bakal sampe lebay banget dan men-Drama Queen.

Dari segi Tujuannya, RP dibuat untuk melakukan FANSERVICE. Ada yang nggak tau Fanservice? Fanservice itu adalah hal yang dilakukan untuk menyenangkan fans. Nah, berhubung artis Korea itu pada sibuk dan nggak mungkin semua mention yang masuk ke Twiter dia dibales satu-satu. Sedangkan semua fans berharap mention dia dibales sama sang Idol meskipun cuma sekedar ' ^^ ' atau ' :) ' . Jadi, tugas para RP-ers itu adalah menggantikan Idol-nya untuk ber-fanchat ria dengan fans-fans nya. Jadi fans yang lagi mentionan sama dia berasa lagi mentionan sama idolnya beneran.

Nah dari RP skrg kita bahas PARODY. Para admin Parody itu harus menjadi 'penghibur' bagi para fans yang ngefollow mereka. Bertingkah lucu, konyol atau apapun yang bikin seneng. Tapi masih dalam batas kewajaran dan kesopanan !!

Jadi kalo ada yang bilang kalo Parody itu LESS OOC, itu SALAH BESAR!!! Yang seharusnya Less OOC itu RP bukan Parody.

Harap semua admin RP dan Parody yang merasa 'salah jalan' mulai sekarang membenarkan pahamnya. Jangan sampe kebalik-kebalik lagi. Dan jadilah admin RP ataupun Parody yang baik ^^

by : @yurihapsary

No comments:

Post a Comment